Rabu, 01 Maret 2017

Hukum Aqiqah

Dasar Hukum Aqiqah 

Banyak masyarakat Kita yang masih awam perihal Aqiqah. untuk itu admin ingin mencoba berbagi perihal Hukum Aqiqah, Dasar Hukum Aqiqah, Dalil Hukum Aqiqah, Landasan Hukum Aqiqah. Semoga Ada manfaatnya dunia akhirat. Bahwasanya pernah diungkapkan oleh Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad fi Al-Islam, dimana berisi tentang pendapat para fuqoha bab hukum aqiqah terbagi menjadi tiga, yaitu : 

Aqiqah, Hukum Aqiqah, Dasar Hukum Aqiqah, Dalil Hukum Aqiqah, Hukum Aqiqah Indonesia
Aqiqah, Hukum Aqiqah, Dasar Hukum Aqiqah, Dalil Hukum Aqiqah, Landasan Hukum Aqiqah

Pertama adalah pendapat yang menyatakan bahwa aqiqah itu sunnah yang merupakan pendapat dari Imam Malik, Imam Syafi'i, Imam Ahmad dan Abu Tsaur. 

Kedua, pendapat yang menyatakan bahwa aqiqah itu adalah Wajib. ini merupakan pendapat dari Imam Hasan Al - Bashri, Al-Laits Ibnu Sa'ad dan yang lainnya. Dasar pendapat mereka adalah hadist yang diriwayatkan Muraidah dan Ishaq Bin Ruhawiah yang artinya : "Sesungguhnya manusia itu pada hari kiamat akan dimintakan pertanggung jawabannya atas Aqiqahnya seperti halnya pertanggung jawaban atas lima waktunnya" 

Ketiga, pendapat yang menolak disyariatkannya Aqiqah, Ini adalah pendapat ahli fiqih Hanafiah. Mereka berdasarkan pada hadist Abu Rafi, Bahwa Rasulullah pernah berkata kepada Fatimah, "Jangan engkau mengaqiqahinya tetapi cukurlah rambutnya". Namun, dari mayoritas pada fuqoha berpendapat bahwa konteks hadist tersebut justru menguatkan disunnahkan dan dianjurkannya aqiqah, sebab Rasullulah sendiri telah mengaqiqahi Hasan dan Husein. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mengaqiqahi anak itu sunnah dan diajurkan.

Aqiqah, Hukum Aqiqah
Aqiqah, Hukum Aqiqah, Dasar Hukum Aqiqah

Simak terus ulasan Kami tentang Aqiqah, Hukum Aqiqah, Dasar Hukum Aqiqah, Dalil Hukum Aqiqah, Landasan Hukum Aqiqah



Anda Cari Aqiqah di sekitar tempat tinggal ?
Simak info berikut ini dan klik untuk informasi lebih lanjut di bawah ini :

Bandung : #AqiqahBandung #PaketAqiqahdiBandung
Semarang : #aqiqahsemarang #Paketaqiqahdisemarang 
Makassar : #AqiqahMakassar #PaketAqiqahdiMakassar
Jabodetabek : #AqiqahJakarta #PaketAqiqahdiJakarta
#AqiqahBekasi #PaketAqiqahdiBekasi 
#AqiqahBogor #PaketAqiqahBogor
#AqiqahDepok #PaketAqiqahdiDepok
#AqiqahTangerang #PaketAqiqahdiTangerang